Dasar Perbankan

BANK

Suatu lembaga keuangan yang berfungsi untuk menghimpun dan menyalurkan dana pihak ketiga (masyarakat) untuk kepentingan konsumtif atau modal kerja.

PRODUK PERBANKAN

a. Simpanan/ Funding

Merupakan dana pihak ketiga (masyarakat) yang disimpan di bank dengan syarat-syarat tertentu.

b. Pinjaman/ Lending

Merupakan dana bank yang disalurkan kepada pihak ketiga (masyarakat) dengan syarat-syarat tertentu

PRODUK SIMPANAN

1. Tabungan :

– Setoran awal ditentukan jumlahnya

– Dapat ditarik/ ditutup sewaktu-waktu

– Bunga rendah

– Ada buku tabungan dan Kartu ATM

– Memiliki banyak fitur yang merupakan nilai tambah

2.  Deposito Berjangka:

– Setoran dilakukan satu kali

– Nominal sesuai keinginan nasabah

– Penarikan dilakukan pada saat jatuh tempo

– Bunga lebih tinggi dari tabungan

– Ada sertifikat

3.  Giro:

– Nominal setoran awal ditentukan oleh bank

– Penarikan dilakukan dengan menggunakan cek

– Dapat dipakai sebagai alat pembayaran/ transaksi

– Laporan bulanan dalam bentuk rekening koran

PRODUK PINJAMAN

Kredit Mikro        : ditujukan untuk meningkatkan usaha atau industri kecil

Kredit Ritel             : ditujukan untuk keperluan konsumtif/perorangan

Kredit Corporate   : ditujukan untuk perusahaan

Contoh Produk Pinjaman:

1. Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

2. Kredit Pemilikan Mobil (KPM)


JASA DAN FITUR

1. ATM (Automatic Teller Machine/ Anjungan Tunai Mandiri)

a.Transaksi dilakukan dengan menggunakan kartu ATM

– Tunai (penarikan)

– Non tunai (transfer, pembayaran, informasi  saldo)

b. Transaksi dapat dilakukan di mesin ATM:

– Milik bank penerbit kartu

– Milik bank lain dalam satu jaringan: ATM Bersama, Alto, Cirrus, Maestro, Prima, Link ( dikenakan biaya)

2. SMS Banking

Transaksi perbankan menggunakan fasilitas Short Message Service (SMS) dari operator yang sudah bekerjasama dengan pihak bank. Transaksi yang bisa dilakukan adalah transaksi non tunai.

3. Phone Banking

Transaksi dengan menggunakan fasilitas telepon, nasabah berbicara dengan Customer Service atau melalui IVR (Interaction Voice Response). Transaksi yang bisa dilakukan adalah transaksi non tunai dan akses informasi.

4. Internet Banking

Transaksi non tunai dengan menggunakan fasilitas internet. Sama dengan SMS dan Phone Banking, nasabah biasanya harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

5. Bill Payment

Merupakan jasa yang disediakan oleh bank bagi nasabah untuk melakukan pembayaran tagihan, melalui mekanisme autodebet tabungan atau kartu kredit.

6. Debit Card

Merupakan pengembangan fungsi dari kartu ATM, dimana pemegang kartu dapat melakukan pembayaran di merchant dengan menggunakan kartu ATM tanpa harus membawa uang tunai.

7. Kartu Kredit

Bentuk dan fungsinya mirip dengan kartu ATM, Pemegang kartu tidak harus memiliki tabungan di bank penerbit kartu. Transaksi yang dilakukan merupakan hutang yang akan ditagihkan beberapa waktu setelah transaksi.

8.Save Deposit Box (SDB)

Produk dimana bank menyediakan kotak penyimpanan yang aman untukdisewa oleh nasabah baik perorangan ataupun perusahaan. SDB biasanya dipergunakan untuk menyimpan benda-benda/ surat berharga.

9. Transfer antar Bank

Bisa dikatakan sebagai pengiriman uang. Rekening pengirim akan didebet dan dikreditkan di rekening penerima di bank lain. Transaksi ini dapat dilakukan melalui teller atau ATM dan umumnya sudah realtime online.

PERAN FRONTLINER DALAM PERBANKAN

a. Frontliner bagi perusahaan (bank), dapat diibaratkan sebagai wajah terdepan dari bank tersebut. Frontliner merupakan orang yang langsung berhadapan dengan nasabah, sehingga kualitas layanan mereka akan mencerminkan kualitas layanan bank tersebut.

b. Frontliner bagi Customer, dapat dikatakan sebagai kepanjangan tangan. Apapun tujuan nasabah datang ke bank, akan disampaikan melalui frontliner.

c. Customer, adalah setiap orang yang datang ke bank untuk bertransaksi atau mencari informasi mengenai produk/ jasa. Jadi, yang disebut sebagai Customer belum tentu adalah nasabah, tetapi bisa juga merupakan calon nasabah.

d. Teller, adalah Frontliner yang bertugas melayani transaksi keuangan dengan nasabah secara langsung.

Tugas:

– melayani setoran tunai dan non tunai

– melayani penarikan tunai dan non tunai

– melakukan penghitungan uang

– melakukan cash count pada sore hari

e. Customer Service, adalah frontliner yang bertugas menangani dan memberikan solusi terhadap berbagai macam masalah yang dihadapi oleh nasabah. Customer Service dapat dianggap pula sebagai Marketing dari Bank.

Tugas :

– melayani pembukaan dan penutupan rekening

– memberikan informasi mengenai produk

– menangani dan memberikan solusi terhadap permasalahan nasabah

– melakukan cross selling

SIKAP DASAR MELAYANI CUSTOMER

Seorang Frontliner harus :

1.Berpenampilan rapi dan profesional (tatanan rambut, make up, baju kerja)

2.Memahami:

– Organisasi/perusahaan (visi, misi, aturan, dan prosedur)

– Produk/ Jasa dari perusahaan

– Customer (kebutuhan, kepribadian)

3.Bersikap melayani:

– Tersenyum

– Menyapa

– Menanyakan, mengingat, dan menyebut nama customer

– Emphaty, meminta maaf, dan memberikan solusi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s